How to: Memilih Pengacara Perusahaan

Pengacara Perusahaan

Pengertian dari pengacara perusahaan atau corporate lawyer adalah pengacara yang tugas utamanya berada di dalam korporasi perusahaan. Berbeda dari litigation lawyer yang tugasnya banyak bersentuhan dengan pengadilan.

Kerja seorang pengacara perusahaan lebih banyak di dalam perusahaan. Seperti memantai perjanjian-perjanjian perusahaan dengan pihak lain, serta melaksanakan pengujian aspek hukum setiap aktivitas perusahaan, terutama yang berkaitan dengan kerjasama dengan pihak lain, agar kesepakatan yang dibuat tidak menyisakan celah kelemahan hukum yang bisa merugikan perusahaan.

Sebagai contoh, ada pihak yang datang membawa proposal tawaran kerjasama pembukaan tambang di suatu tempat. Dengan syarat, perusahaan tersebut perlu membayar uang muka untuk memulai operasioan pertambangan sebesar 20 miliar rupiah.

Seorang corporate lawyer perlu jeli meneliti setiap aspek hukum yang mungkin akan timbul dari pasal-pasal yang ada dalam perjanjian kerjasama tersebut, jika diterima oleh perusahaan.

Dia wajib memberi masukan kepada perusahaan jika ada pasal-pasal dalam perjanjian kerjasama yang janggal yang berpotensi menjadi celah terjadinya kerugian bagi perusahaan.

Maka untuk tugas seperti itu, seorang advokat perusahaan mutlak harus memiliki pengetahuan yang matang tentang segala aspek dalam hukum bisnis dan perdagangan.

Seperti pengetahuan tentang aspek hukum kontrak kerjasama, hukum pajak, hukum accounting, hukum sekuritas, hukum kepailitan, hukum penetapan wilayah, hak kekayaan intelektual, lisensi, dan lain-lain.

Advokat perusahaan sebenarnya diharapkan dapat bekerja dalam waktu yang panjang, bahkan hingga pagi hari, namun tetap dengan pikiran yang jernih.

Seorang lawyer perusahaan juga harus memiliki ketelitian dalam mereview berbagai aspek hukum dalam penyelenggaran perusahaan. Tidak boleh lengah. Tidak boleh salah. Salah sedikit saja bisa menjadi celah bagi timbulnya kerugian dan kepailitan perusahaan.

Pengacara Perusahaan Harus Menguasai Hukum Bisnis dan Perdagangan

Hal penting lain yang juga harus dimiliki oleh seorang advokat perusahaan adalah, selalu mengupdate informasi dan pengetahuan dengan banyak membaca hal-hal baru, terutama yang berkaitan dengan kepentingan bisnis perusahaan tempatnya bertugas.

Di antara hal penting yang perlu selalu diupdate adalah, berbagai konsekuensi hukum atas kebijakan pemerintah yang cukup dinamis yang bisa berdampak terhadap kliennya.

Tugas pengacara perusahaan tidak sedikit. Maka dari itu, dia harus punya pengalaman yang matang sebagai konsultan atau pengacara spesialis perusahaan. Sehingga bisa memberi masukan dan arahan kepada kliennya agar segala aktivitas perusahaan tetap berada dalam koridor hukum yang berlaku.

Ketika terjadi kasus hukum terhadap perusahaan yang dia advokasi, dia menjadi ujung tombak yang dipercaya perusahaan untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Dia mewakili atau mendampingi para delegasi perusahaan dalam proses negosiasi dengan pihak lain, agar tidak bertentangan dengan hukum.

Pengacara perusahaan juga harus mengerti tentang berbagai aspek bisnis, selain pengetahuan hukum perusahaan yang menjadi bidangnya. Seperti investasi, eksport-import, hak paten, brand bisnis, merek dagang, logo perusahaan, dan lain-lain.

Pengetahuannya tentang hal-hal tersebut dapat membantunya dalam menjalankan tugas sebagai pengacara perusahaan.

Harus Menguasai Hukum Ketenagakerajan Juga

Hubungan antara perusahaan dan karyawan termasuk hal penting yang diatur dalam aturan hukum ketenagakerjaan. Masing-masing punya hak dan kewajiban yang telah diatur dalam undang-undang ketenagakerjaan.

Pengacara perusahaan memainkan peran vital dalam menjaga keharmonisan hubungan antara perusahaan dan karyawan, agar masing-masing menjalankan tugas dan sama-sama saling memenuhi tanggung-jawab dan kewajiban masing-masing sesuai undang-undang yang berlaku.

Pengacara perusahaan

Harun, S.H., adalah salah satu tim pengacara perusahaan di kantor hukum Bukhori Hasibuan & Associates, yang memiliki kepakaran dan pengalaman yang matang di bidang hukum ketenagakerjaan.

Bukhori hasibuan & associates

Maka dari itu, seorang pengacara perusahaan wajib menguasai tentang berbagai peraturan pemerintah yang berkaitan dengan ketenagakerjaan, seperti besaran pesangon untuk karyawan yang kena PHK, upah minimum daerah, propinsi, asuransi kesehatan, hak cuti, libur, tunjangan-tunjangan, dan sebagainya.

Apabila semua berjalan teratur, maka perusahaan akan mengalami pertumbuhan yang positif. Produktivitas meningkat. Operasional berjalan normal dan cash-flow perusahaan stabil. Itulah yang diharapkan oleh semua pihak. Seorang pengacara perusahaan memiliki andil penting dalam merealisasikannya.

Pengacara Perusahaan Wajib Punya Integritas dan Kredibilitas

Seorang pengacara perusahaan, pada waktu tertentu akan bersentuhan dengan apa yang disebut sebagai “rahasia perusahaan”. Sehingga dia haruslah seorang yang memiliki loyalitas dan integritas yang baik terhadapa perusahaan yang menjadi kliennya.

Tiga kriteria penting seorang pengacara perusahaan adalah: loyalitas tanpa batas, integritas, profesionalitas, dan kredibilitas.

Integritas adalah sikap jujur, transparan, apa adanya. Tidak ada yang ditutup-tutupi kecuali untuk hal-hal yang hanya boleh diketahui oleh kalangan yang terbatas.

Ketika seorang pengacara perusahaan menemukan hal yang dapat menjerumuskan perusahaan ke dalam masalah hukum, dia wajib memberi peringatan; meski mungkin, hal yang diperingatkan itu adalah sesuatu yang bisa memberi keuntungan besar terhadap perusahaan. Dia tetap berkewajiban memberi peringatan.

Sebab, jika hal itu terendus oleh aparat penegak hukum, akan bisa berakibat fatal. Bisa mengganggu kinerja perusahaan secara keseluruhan. Menguras waktu, tenaga, dan energi manajemennya.

Terkadang ada hal-hal tertentu yang dianggap biasa saja oleh perusahaan, tetapi melanggar aturan hukum yang berlaku. Hingga setelah hal tersebut terekspos ke publik, akibat yang ditanggung oleh perusahaan sangatlah berat. Bahkan, tidak jarang perusahaan yang terpaksa menghentikan operasionalnya gara-gara tersangkut masalah hukum.

Tim Pengacara Spesialis Perusahaan Terbaik Ada di Sini

Kantor Hukum Bukhori Hasibuan & Associates memiliki tim pengacara perusahaan yang handal dan berpengalaman menjadi konsultan hukum dan sekaligus pengacara perusahaan di berbagai daerah di Indonesia.

Pengacara Spesialis Perusahaan dan Perdagangan

Pengacara senior H. Dedy Setiadi, S.H., M.H. salah satu anggota tim pengacara spesialis hukum perusahaan, bisnis dan perdagangan dari kantor hukum Bukhori Hasibuan & Assocates.

BUKHORI HASIBUAN & ASSOCIATES

Tim pengacara perusahaan kami pernah menjadi konsultan hukum dan pengacara berbagai perusahaan nasional dan internasional yang beroperasi di Indonesia.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com