Bagaimana Cara Mencari Advokat Jujur dan Terpercaya

mencari advokat jujur dan terpercaya

Kasus hukum identik dengan kerumitan, tapi kalau didampingi advokat jujur, semua akan jadi mudah. Namun kerumitan akan bertambah bila seorang yang sangkut kasus hukum tidak tahu cara mencari advokat jujur dan terpercaya.

Mencari advokat, tidak semudah mencari layanan jasa konvensional yang bisa dicari lewat media sosial, yang bisa diketahui track record pemberi jasa lewat review dari orang-orang yang pernah menggunakan jasanya. Jasa advokasi hukum, tidak sesederhana itu untuk bisa menemukannya.

Table of Contents

Mencari advokat jujur dan terpercaya bukan hanya dilema di negara berkembang. Masyarakat di hampir semua negara maju mengalaminya juga. Di Amerika Serikat, mencari pengacara jujur juga masih dianggap urusan rumit dan dilematis.

Ada organisasi pengacara di Amerika Serikat yang disebut A.H.A, singkatan dari “Association for Honest Attorneys”. Jika diterjemahkan berarti, “Perhimpunan Pengacara Jujur”. Dibentuk oleh Joan Farr pada Desember 2001. Dilatarbelakangi oleh ketidakadilan yang dialami keluarganya.

Joan E. Farr adalah seorang mantan karyawan Boeing. Dia bekerja di perusahaan pembuat pesawat terbang komersil itu selama 17 tahun. Dia menulis buku, “Ten Secrets You Must Know Before Hiring a Lawyer”, artinya, “Sepuluh Rahasia yang Harus Anda Ketahui Sebelum memakai jasa Pengacara”.

Namun, organisasi tersebut tidak punya anggota. Mungkin karena dianggap sebagai sebuah guyonan belaka, atau memang tidak ada advokat yang tertarik untuk bergabung.

Pengalaman Joan Farr sebenarnya mewakili sekian banyak kejadian serupa yang dialami oleh mereka yang tidak bisa mengutarakan pengalamannya lewat kalimat atau tulisan, atau tidak akan didengar oleh siapa pun jika dia mengutarakannya. Meskipun mereka benar-benar mengalaminya.

Mendapatkan seorang advokat jujur dan terpercaya adalah anugerah yang menjadi dambaan setiap orang yang sedang terjerat kasus hukum. Sehingga apa yang dialaminya mendapatkan keadilan yang hakiki lewat ketokan palu hakim di meja hijau.

Cara Mencari Advokat Jujur dan Terpercaya

Bagaimana cara mencari advokat jujur dan terpercaya? Hal pertama yang bisa dilakukan adalah, melihat rekam jejaknya selama beracara. Siapa saja orang, perusahaan, atau organisasi yang pernah menjadi kliennya, serta bagaimana status terakhir kasus-kasus yang ditanganinya.

Pengacara jujur umumnya sangat terbuka. Tidak ada hal yang dirahasiaknan jika menyangkut kepentingan klien, kecuali untuk sesuatu yang memang harus dirahasiakan.

Di zaman keterbukaan informasi seperti saat ini, mendapatkan informasi seperti itu cukup mudah. Bisa ditelusur lewat data pengadilan tempat domisili sang pengacara.

Bisa juga ditelusur lewat organisasi profesi pengacara tempat dia bergabung di dalamnya, seperti PERADI; atau dengan menelusuri database perkara yang ada di Mahkamah Agung, dan lain-lain.

Kanal Pribadi Advokat

Para advokat terkemuka biasanya punya website pribadi. Minimal punya akun medsos seperti facebook, instagram, twitter, linkedin, pinterest, dan sejenisnya.

Cara lain untuk mengetahui rekam jejak seorang pengacara biasanya lewat kanal pribadi atau firma tempat sang advokat bernaung. Advokat jujur selalu terbuka dengan informasi apa pun menyangkut tugas dan perkara apa pun yang dipercayakan oleh klien kepadanya.

Cara lain untuk mengenali advokat jujur adalah dengan membuat janji konsultasi langsung dengannya. Dengan cara seperti ini Anda akan mudah mengetahui seorang advokat yang jujur dan baik.

Jika satu kali pertemuan konsultasi Anda belum mendapatkan “feeling” bahwa dia advokat jujur dan terpercaya, cobalah untuk berkonsultasi langsung dengannya hingga dua atau tiga kali.

Dengan cara itu, Anda akan bisa mengenali seorang advokat jujur dan terpercaya. Lewat cara dia berkomunikasi langsung dengan Anda. Lewat caranya mendeskripsi ulang masalah yang sedang Anda alami, dan alur penyelesaian yang ditawarkan sesuai standar kerja seorang pengacara profesional.

Pada advokat di kantor hukum Bukhori Hasibuan & Associates sangat welcome terhadap calon klien yang ingin berkonsultasi.

Untuk berkonsultasi langsung dengan mereka, Anda bisa buat janji lewat pesan WhatsApp dengan mengklik tombol logo WhatsApp di pojok kanan bawah halaman ini; atau lewat halaman KONTAK di daftar menu di atas.

mencari advokat jujur dan terpercaya

Tolak Ukuran Kejujuran Seorang Advokat

Hukum adalah seperangkat peraturan, undang-undang, adat istiadat, yang secara resmi dianggap mengikat semua pihak di dalam suatu masyarakat agar kehidupan mereka berjalan damai dan teratur.

Jika Anda ingin menguji kejujuran seorang advokat sebenarnya cukup mudah. Beberapa advokat senior terkemuka juga sering berbagi trik ini kepada publik.

Caranya dengan memberi tekanan kepada sang advokat yang dimaksud. Supaya dia mau melakukan sesuai yang Anda inginkan atau perintahkan. Ketika dia tunduk dan menuruti tekanan Anda, itu pertanda dia bukan pengacara profesional, dan bukan seorang pengacara yang jujur.

Patokan kejujuran seorang advokat bukan dengan menuruti apa pun kemauan klien. Tetapi tolak ukur kejujurannya ada pada konsistensi dalam berpegang teguh pada peraturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Seorang advokat jujur akan membenarkan apa yang dibenarkan oleh hukum dan peraturan perundang-undangan, dan menyalahkan apa yang disalahkan atau tidak sesuai dengan aturan hukum dan perundang-undangan.

Seorang advokat yang jujur tidak segan untuk menyalahkan kliennya jika memang kliennya salah.
Sebaliknya, dia juga akan mengerahkan segenap kemampuan, pengalaman, dan usaha untuk membela kliennya jika sang klien dalam posisi benar di mata hukum, tapi dipersalahkan dalam kasus yang sedang dihadapinya.

Analogi Klien Mencari Advokat Jujur dan Terpercaya

Kejujuran adalah hal mutlak dalam segala urusan, tidak hanya dalam persoalan hukum, atau dalam hal hubungan antara advokat dan kliennya. Tanpa adanya kejujuran, maka sang advokat akan salah mendiagnosa masalah, dan masalah yang dihadapi klien tidak akan selesai.

Hubungan antara keduanya sama seperti antara dokter dan pasien. Seorang pasien saat mendatangi dokter yang akan mendiagnosa penyakitnya, harus berterus terang menceritakan detail penyakit yang dideritanya. Dia harus jujur, tidak boleh malu mengutarakan walau untuk hal yang tabu secara norma sosial.

Seperti itu pula hubungan antara advokat dan klien. Kedua-duanya harus sama-sama jujur. Terbuka dan bicara blak-blakan, tanpa ada yang perlu ditutup-tutpi. Supaya advokat jujur yang dihadapinya bisa akurat dalam mendiagnosa persoalan hukum yang dihadapi si klien.

Dengan demikian dia bisa merumuskan langkah hukum yang efektif untuk menuntaskan masalah yang sedang dihadapi oleh kliennya. Seorang advokat jujur juga harus berterus terang tentang apa pun yang diharapkan dari kliennya, terutama mengenai urusan biaya-biaya yang diperlukan.

Tanpa adanya kejujuran di antara keduanya, ada ada hal yang mengganjal pada diri si advokat jujur sehingga tidak bisa maksimal melaksanakan tugas pembelaan dan pendampingan hukum.

Advokat Jujur dan Baik Selalu Melindungi Hak Hukum Kliennya

Prinsip umum dalam segala urusan, harus selalu diawali dengan kejujuran. Apalagi dalam persoalan hukum. Satu hal yang harus disadari oleh setiap klien adalah, semua pengacara pasti ingin memenangkan kasus yang ditangani untuk kliennya. Hal seperti ini sangat natural.

Terkadang, ada klien yang merasa segan untuk mengungkap fakta-fakta tertentu kepada advokatnya. Mungkin karena malu, takut, atau perasaan dan prasangka negatif lainnya.

Ada juga klien yang sengaja tidak mau jujur kepada pengacaranya lantaran takut, mengungkap semua fakta hukum yang dialaminya akan membuat advokatnya balik badan. Tidak mau mengadvokasinya lagi.

Apapun keadaannya, seorang advokat jujur akan membela hak-hak hukum kliennya agar tidak diperlakukan semena-mena oleh pihak lain. Termasuk oleh aparat penegak hukum atau penguasa.

Seorang advokat akan membela kliennya agar tidak menjadi korban kejahatan pihak lain, secara pidana maupun perdata. Atau paling tidak, ketika kliennya telah menjadi tersangka atau terdakwa, hakim tidak menjatuhkan hukum yang melebihi kesalahan kliennya.

Pastikan Advokat Terpercaya yang Anda Pilih adalah Anggota Organisasi Kepengacaraan

Profesi kepengacaraan memiliki beberapa organisasi induk yang mengatur, mengoordinir, dan mengawasi para advokat yang menjadi anggotanya dalam beracara. Oleh karena itu, saat Anda ingin mencari advokat jujur dan terpercaya, pastikan terlebih dahulu dia adalah anggota dari organisasi kepengacaraan.

Anda bisa meminta kartu anggota, atau nomor anggota, atau identitas tertentu yang menunjukkan dia adalah bagian dari salah satu organisasi profesi kepengacaraan yang diakui oleh pemerintah.

Mengapa hal ini penting?

Hal ini penting sebagai antisipasi, jika terjadi pelanggaran kode etik oleh sang advokat, Anda punya tempat untuk mengadu, yaitu organisasi profesi di mana si advokat menjadi anggotanya.

Misalnya, jika suatu saat, si pengacara menelantarkan kasus Anda setelah semua data dan biaya Anda serahkan, maka Anda bisa mengadu ke organisasi tersebut.

PERADI, salah satu organisasi profesi kepengacaraan yang resmi di Indonesia membentuk tim pengawas untuk mencegah pengacara nakal yang menelantarkan kasus kliennya setelah data dan pembayaran diserahkan.

Video di atas tentang salah satu organisasi profesi kepengacaraan yang resmi di Indonesia, PERADI (Perhimpunan Advokat Indonesia) yang membentuk tim pengawas untuk mencegah para pengacara nakal menelantarkan kasus kliennya.

PERADI Pantau Para Advokat Anggotanya Lewat Dewan Pengawas

Banyaknya kasus Pengacara nakal atau yang melanggar kode etik Pengacara, membuat Perhimpunan Pengacara Indonesia atau Peradi membentuk Komisi Pengawas. Komisi Pengawas ini berfungsi, melakukan pengawasan terhadap perilaku Pengacara sehari-hari.

Kasus Pengacara yang menelantarkan perkara dan memberikan janji-janji ke klien dalam penanganan kasus, menjadi perhatian serius dari Peradi. Kerap kali dalam prakteknya Pengacara malah merugikan klien dan berujung pada kasus penipuan dan penggelapan

Guna meminimalisir pelanggaran kode etik Pengacara, organisasi Peradi mengambil sumpah Dewan Kehormatan dan Komisi Pengawas. Komisi Pengawas Pengacara ini merupakan kepanjangan tangan dari organisasi Pengacara, yang dapat melakukan pengawasan secara responsif, tanpa pengaduan dari masyarakat.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mencari pengacara jujur dan terpercaya, salah satu hal yang perlu dipastikan sebelum Anda memilih pengacara, pastikan terlebih dahulu dia adalah anggota organisasi profesi kepengacaraan apa. Agar jika terjadi masalah antara Anda sebagai klien dan pengacara, Anda punya tempat untuk mengadu dan melapor.

Jangan sungkan untuk bertanya, bahkan untuk meminta lihat kartu keanggotaannya. Hal itu adalah sesuatu yang lumrah dan biasa terjadi. Para advokat juga sudah terbiasa dan memakluminya. Sehingga mereka tidak akan keberatan jika Anda menanyakan atau meminta informasi tentang hal tersebut.

Pengacara dan Advokat Terpercaya ada di Kantor Hukum Bukhori Hasibuan & Associates

Kantor hukum Bukhori Hasibuan & Associates telah berpengalaman menangani perkara hukum selama puluhan tahun. Beragam skala kasus pernah ditangani, dari yang terkecil sampai yang terbesar.

Kliennya juga bermacam-macam, mulai dari individu, keluarga dan ahli waris, pejabat, mantan pejabat paling berpentaruh, korporasi swasta, korporasi nasional, multinasional, dan internasional yang beroperasi di Indonesia, hingga BUMN.

Semua kasus ditangani dengan baik dan penuh tanggung jawab hingga keputusan pengadilan paling final. Penuh dedikasi pada profesi kepengacaraan sebagai pendamping, penasehat, dan tameng hukum bagi klien yang memercayakan kasusnya kepada kantor hukum ini.

Bisa Konsultasi Lewat WhatsApp atau Tatap Muka

Jika Anda ingin berkonsultasi lewat WhatsApp, Anda bisa gunakan tombol chat WhatsApp yang ada di pojok kanan halaman ini. Atau, Anda bisa konsultasi langsung secara tatap muka dengan perjanjian terlebih dahulu.

Tim Pengacara dari Bukhori Hasibuan & Associates akan melayani Anda sepenuh hati, sampai tuntas, jika Anda memercayakan penyelesaian kasus hukum Anda kepada mereka.

Alamat : KANTOR ADVOKAT BUKHORI HASIBUAN & ASSOCIATES, Gedung Tabayama Lt.01 Jl. A. Yani No.2-4, Bekasi, Jawa Barat, 17144, Telp./WhatsApp: +62812-8185-7887

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com