Bagaimana Peran Pengacara Perusahaan dalam Mencegah Kerugian Perusahaan?

Bagaimana Peran Pengacara Perusahaan Hebat dan Jujur Mencegah Kerugian Perusahaan

Peran pengacara perusahaan bisa menjadi faktor keberuntungan bernilai tinggi bagi suatu perusahaan. Mengingat hampir semua aspek pengelolaan perusahaan selalu terkait dengan hukum. Itu sebabnya, peran dan fungsi pengacara perusahaan hebat dan jujur akan bisa mencegah kerugian perusahaan dari tindakan ilegal oknum-oknum yang punya niat jahat terhadap perusahaan, baik yang berada di dalam maupun di luar perusahaan.

Table of Contents

Mengingat perusahaan adalah lumbung perputaran uang dalam jumlah besar, sering menjadi target penipuan oknum tidak bertanggung jawab. Sehingga keberadaan seorang pengacara perusahaan hebat dan jujur mutlak diperlukan.

Kenapa demikian?

Pada umumnya, secara struktur organisasi, posisi pengacara perusahaan berada langsung di bawah direksi, kadang disebut juga staff ahli direksi.

Kedudukan strategis itu membuatnya bisa berkoordinasi dengan semua bagian di internal perusahaan. Mulai dari bagian marketing, akuntan, auditor internal, dan HRD. Kedudukan itu memiliki fungsi strategis dan sangat vital bagi perusahaan.

Dengan posisi strategis itu, pengacara perusahaan hebat dan jujur bisa menjadi alarm, atau peringatan dini bagi direksi apabila ada aktivitas ilegal di internal perusahaan yang tidak sesuai ketentuan perusahaan, sehingga bisa cepat ditindak untuk mencegah kerugian perusahaan.

Lalu bagaimana peran pengacara perusahaan hebat dan jujur dalam mencegah kerugian perusahaan yang berasal dari eksternal perusahaan?

Kedudukannya yang langsung berada di bawah direksi, membuat pengacara perusahaan menjadi jembatan dalam jalinan kerjasama perusahaan dengan pihak lain, baik dari pihak swasta atau pun pemerintah.

Seperti dalam berbagai macam urusan perizinan, seorang pengacara perusahaan hebat dan jujur bertanggung jawab memastikan kelengkapan semua dokumen yang dibutuhkan, dan mengajukannya ke instansi pemerintahan terkait.

Bagaimana Peran Pengacara Perusahaan Hebat dan Jujur Mencegah Kerugian Perusahaan
Tim pengacara perusahaan hebat dan jujur dan kantor hukum Bukhori Hasibuan & Associates

Tidak hanya dalam urusan perizinan. Seorang pengacara perusahaan hebat dan jujur juga berada di garda terdepan dalam proses terjalinnya kerjasama dengan perusahaan lain, atau dengan pekerja. Dia menyiapkan semua draft perjanjian atau kontrak kerjasama yang diperlukan.

Ketelitian Pengacara Perusahaan dalam Meneliti Klausul Kontrak Kerjasama

Pengacara perusahaan hebat dan jujur akan memastikan setiap klausul dalam perjanjian itu tidak bertentangan dengan hukum dan tidak menyebabkan kerugian bagi perusahaannya. Dia akan meneliti draftnya kata per kata dengan analisa yang tajam dan mendalam.

Seorang pengacara hebat dan jujur tidak akan membiarkan pasal-pasal karet di dalam draft perjanjian sehingga menjadi celah yang dimanfaatkan oleh oknum yang bermaksud ingin mengeksploitasi secara finansial perusahaan tempatnya bekerja.

Selain meneliti setiap draft kontrak kerjasama yang ditawarkan oleh pihak lain. Dia juga bertugas menyiapkan draft perjanjian kerjasama jika perusahaan tempatnya bertugas mengajukan kerjasama dengan pihak lain.

Hampir semua tugas-tugas eksternal akan melibatkan segenap keterampilan hukum seorang pengacara perusahaan. Mulai dari menyusun konsep kontrak perjanjian kerjasama dengan pihak lain, sampai legal opinion jika diperlukan.

Risiko Tidak Punya Pengacara Perusahaan Hebat dan Jujur

Masih segar dalam ingatan, sekitar bulan November 2021 lalu, Polri menangkap empat orang sindikat pelaku penipuan perusahaan dengan skema business email compromise.

Tak tanggung-tanggung, ada dua perusahaan yang menjadi korban aksi penipuan ini. Satu perusahaan asal Korea Selatan, satu lagi perusahaan asal Taiwan.

https://bukhorihasibuanlawoffice.com/tag/advokat-perusahaan/

Berapa nilai kerugian kedua perusahaan tersebut?

Perusahaan asal Korea Selatan menderita kerugian sebesar 82 miliar. Sedangkan perusahaan yang berasal dari Taiwan menderita kerugian sebesar 2,8 miliar.

Bagaimana modul para pelaku?

Modus penipuan mereka adalah dengan skema Business Email Compromise (BEC). Penipuan seperti ini biasanya dilakukan dengan mengirim email yang ditujukan kepada sejumlah pihak di dalam perusahaan. Di antaranya adalah, manajer keuangan, dan petugas yang bertugas pada bagian keuangan.

Pelaku penipuan menyamar menjadi perusahaan rekan bisnis dari perusahaan yang menjadi korban, dengan tujuan untuk mendapatkan dana.

Sehingga, transfer dana itu sebenarnya ditujukan kepada rekan bisnis perusahaan, tapi dengan modus penipuan seperti itu, transfer dana itu justru ditujukan kepada si penipu.

Kasus seperti ini banyak terjadi, ada yang terungkap, sedangkan yang tidak terungkap kemungkinan lebih banyak. Seperti inilah contoh risiko yang akan ditanggung jika suatu korporasi tidak punya pengacara perusahaan hebat dan jujur.

Yang Punya Pengacara Perusahaan pun Masih Bisa Tertipu, Apalagi Jika Tidak Punya

Ada cerita yang sudah pernah kami tuangkan pada salah satu artikel di website ini. Seorang investor pertambangan asal China mengonsultasikan masalahnya dengan tim pengacara perusahaan hebat dari kantor hukum Bukhori Hasibuan & Associates.

Perusahaannya yang ada di Gunung Putri, Bogor, pernah menandatangani kontrak kerjasama pembukaan area tambang baru, dengan seseorang yang mengaku sebagai direktur salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pembukaan tambang baru.

Namun, setelah dana dikucurkan hingga 12 miliar Rupiah, sama sekali tidak ada kegiatan penambangan di area yang dimaksud. Mereka kemudian mengonsultasikan masalah tersebut kepada tim pengacara hebat dan jujur dari kantor hukum Bukhori Hasibuan & Associates.

Mereka menyerahkan draft kontrak kerjasamanya dan meminta kepada tim pengacara spesialis perusahaan untuk mencari poin-poin khusus di dalam draft tersebut untuk menjerat pelaku dengan pasal pidana.

Setelah diteliti oleh tim pengacara perusahaan hebat dan jujur dan kantor hukum Bukhori Hasibuan & Associates, ternyata draft kontrak perjanjian kerjasama itu sangat lemah secara hukum pidana. Tidak ada klausul yang mengikat pihak penerima dana apabila dana telah dikucurkan dan pembukaan tambang belum dilakukan.

Yang lebih mirisnya lagi, alamat kantor perusahaan dari oknum penipu tersebut hanya rumah warga biasa. Bukan tempat yang representatif sebagai kantor perusahaan. Dan ternyata, oknum atas nama pelaku hanya seorang warga biasa, pelatih burung merpati.

Saat ditanya, apakah perusahaan mereka punya pengacara spesialis perusahaan atau tidak, ternyata mereka mempunyai pengacara perusahaan, dan draft perjanjian dengan oknum pelaku penipuan telah dikonsultasikan dengan pengacara perusahaan mereka.

Di sinilah pentingnya pengacara prusahaan hebat dan jujur, agar perusahaan terlindungi dari niat jahat dan penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu di internal dan eksternal perusahaan.

Lebih Baik Mencegah Kerugian Perusahaan daripada Menuntut Ganti Rugi Kepada Penipu

Sebenarnya banyak pemilik perusahaan yang menyadari pentingnya keberadaan seorang pengacara perusahaan di dalam struktur organisasinya. Akan tetapi, mereka mengabaikannya dengan berbagai macam alasan dan pertimbangan.

Sebagian besar dari mereka lebih memilih untuk menunjuk pengacara perusahaan setelah ada kasus hukum yang dialami, yang menyita waktu, pikiran, tenaga, serta menurunkan produktifitas perusahaan.

Jika kasus hukum diibaratkan penyakit, kebanyakan dari para pemilik perusahaan memilih untuk sakit dulu baru mengobati. Padahal, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Keberadaan pengacara perusahaan hebat dan jujur di dalam struktur perusahaan berfungsi untuk menjaga setiap aktivitas perusahaan berada dalam koridor hukum yang berlaku, serta aturan dan ketentuan perusahaan itu sendiri bagi setiap elemen perusahaan.

Seperti dalam pembuatan draft-draft perjanjian kerjasama dengan perusahaan lain, atau kontrak kerja dengan karyawan dan pekerja. Seorang pengacara perusahaan hebat dan jujur mengawasi supaya semua sesuai hukum administrasi perusahaan.

Tanpa keberadaan seorang pengacara spesialis perusahaan, para penipu akan terus mengincar titik terlemah di dalam perusahaan, yang bisa menjadi pintu masuk mereka merampok kekayaan perusaan sebanyak mungkin. Seperti kasus yang telah diceritakan di atas.

Tim Pengacara Hebat dan Jujur Ada di Kantor Hukum Bukhori Hasibuan & Associates

Kantor Hukum Bukhori Hasibuan & Associates telah beroperasi sejak tahun 2007 dan telah menuntaskan penanganan ratusan kasus hukum sampai tuntas. Tim pengacaranya adalah para advokat jujur dan handal dengan spesialisasi di bidang hukum bisnis dan perdagangan, hukum perusahaan, hukum kepailitan, serta hukum ketenagakerjaan.

Berikut adalah daftar tim pengacara perusahaan dari kantor hukum Bukhori Hasibuan & Associates

pengacara perusahaan pengacara hebat dan jujur

Pengacara Senior

Bukhori Hasibuan, S.H., M.H.

Spesialisasi di bidang:

  • Hukum Perusahaan
  • Hukum Kepailitan
  • Hukum Administrasi Negara
  • Hukum Peradilan Tata Usaha Negara
peran pengacara perusahaan, pengacara hebat dan jujur

Pengacara Senior

H. Dedy Setiadi, S.H., M.H.

Spesialisasi di bidang Hukum Bisnis dan Perdagangan
Hukum Perusahaan
Hukum Kepailitan

Pengacara Senior

Harun, S.H.

Spesialisasi di bidang:

  • Hukum Perusahaan
  • Hukum Kepailitan
  • Hukum Ketenagakerjaan

Jika Anda ingin berkonsultasi langsung dengan tim pengacara hebat dan jujur dari kantor Hukum Bukhori Hasibuan & Associates, Anda bisa kontak langsung via WhatsApp dengan mengklik simbol WhatsApp di pojok kanan bawah halaman ini.

Anda juga bisa menggunakan formulir di bawah ini:

Silahkan masukkan nama lengkap Anda
Masukkan nomor telepon yang bisa dihubungi
Silahkan masukkan alamat email
Silahkan pilih jenis hukum yang Anda hadapi
Silahkan tulis pertanyaan atau pesan Anda di sini
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com