Apa Tugas dan Fungsi Pengacara Perusahaan?

Apa Tugas dan Fungsi Pengacara Perusahaan Hebat Hukum Perusahaan

Semua jenis perusahaan membutuhkan pengacara perusahaan hebat pastinya. Mengapa harus pengacara spesialis perusahaan? Karena tugas dan fungsi pengacara perusahaan lebih spesifik. Dan pastinya, sangat menguasai masalah hukum perusahaan, bisnis dan perdagangan, serta hukum ketenagakerjaan.

Table of Contents

Sementara aktivitas bisnis dan perdagangan merupakan kegiatan yang diatur oleh negara lewat ketentuan-ketentuan hukum yang mengikat semua pihak agar tetap berada di dalam koridor yang benar.

Tidak saling merugikan. Serta tetap bisa berkontribusi positif bagi pembangunan negara dan masyarakat.

Hampir setiap aktivitas perusahaan dalam hubungannya dengan pihak lain, selalu bersentuhan dengan hukum. Baik hukum negara maupun hukum dan peraturan internal perusahaan sendiri.

Seperti dalam proses pendirian, akad perjanjian kerjasama dengan perusahaan lain, atau tenaga kerja kontrak dan tetap, paten, hak cipta, merek dagang, merger, akuisisi, hingga masalah kepailitan, semuanya diatur dalam ketentuan hukum dan perundang-undangan.

Maka dari itu, kehadiran seorang pengacara perusahaan mutlak diperlukan, minimal sebagai konsultan. Supaya setiap kebijakan dan kegiatan perusahaan tidak melenceng dari koridor hukum yang berlaku.

Bahkan, kehadiran seorang pengacara perusahaan dapat menjadi “perisai” perusahaan dari pihak-pihak yang ingin mengambil untung dengan cara-cara yang bertentangan dengan hukum bisnis dan perdagangan yang berlaku.

Contoh Kasus Perusahaan Tertipu Perusahaan Fiktif

Ada contoh kasus. Sebuah perusahaan di Bogor, pernah “tertipu” oleh seseorang yang mengaku sebagai direktur utama sebuah perusahaan fiktif yang datang menawarkan kerjasama pertambangan.

Entah bagaimana ceritanya, direktur perusahaan yang saat itu sedang menjabat menerima tawaran itu dan membuat perjanjian bahwa biaya awal penyelenggaraan pertambangan sebesar 20 miliar.

Namun, setelah perusahaan tersebut menggelontorkan dana hingga 12 miliar rupiah, tidak ada tanda-tanda bahwa kegiatan pertambangan telah berlangsung di tempat tersebut. Anehnya lagi, sang direktur yang pada saat kasus itu terjadi telah dipecat.

Lebih dari 2000 izin perusahaan dicabut. Jangan sampai kejadian seperti ini terjadi pada perusahaan Anda.

Direktur penggantinya kemudian mengonsultasikan kasus itu ke kantor hukum Bukhori Hasibuan & Associates.

Setelah diteliti klausul-klausul perjanjian kerjasama antara perusahaan tersebut dengan “direktur” perusahaan fiktif tadi, sama sekali tidak ada pasal yang “mengikat” si direktur perusahaan fiktif itu.

Tidak ada pasal yang mengikat dia jika dalam waktu tertentu setelah sekian termin pembayaran dibayarkan, aktivitas penambangan belum dimulai.

Anehnya lagi, perusahaan yang menjadi korban “penipuan” oleh oknum direktur perusahaan fiktif tadi sebenarnya sudah mengonsultasikan klausul-klausul dalam perjanjian itu dengan pengacaranya. Si pengacara mungkin kurang jeli membaca isi perjanjian itu, atau ada kemungkinan-kemungkinan lain.

Kasus seperti itu bisa dijadikan pelajaran buat perusahaan skala apa pun, kecil maupun besar. Bahwa setiap saat mereka bisa menjadi korban dari oknum-oknum yang mengatasnamakan dirinya “direktur” perusahaan fiktif yang datang menawarkan kerjasama.

Mereka butuh pengacara spesialis perusahaan yang benar-benar handal dan jeli meneliti setiap kata dan kalimat dalam pasal-pasal perjanjian kerjasama, agar ke depannya, tidak merugikan perusahaan pemberi dana.

Tugas dan Fungsi Pengacara Perusahaan

Kasus di atas bisa dijadikan pelajaran bahwa, setiap keberadaan seorang pengacara perusahaan mutlak diperlukan.

Perusahaan yang menjadi korban sebenarnya sudah berkonsultasi dengan advokatnya, tetapi mungkin sang advokat kurang teliti dengan klausul-klausul dalam perjanjian kerjasama itu.

Sehingga dengan mudahnya, perusahaan “tertipu” hingga belasan miliar rupiah, hanya karena tidak ada klausul yang mengikat dia secara hukum dengan ketat.

Tugas Utama Pengacara Perusaah Hebat

Untuk melindungi perusahaan, maka tugas utama seorang pengacara perusahaan di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai pelindung dan benteng hukum bagi perusahaan terhadap pihak-pihak yang ingin menimpakan kerugian terhadap perusahaan, baik kerugian material atau pun non-material.
  2. Sebagai ujung tombak perusahaan apabila terjadi gugatan hukum dari pihak ketiga terhadap perusahaan tersebut.
  3. Sebagai delegasi perusahaan dalam setiap perjanjian kontrak kerjasama dengan perusahaan lain sebagai pihak kedua atau pun pihak ketiga, yang bertugas memberikan payung hukum yang kokoh bagi perusahaan agar tidak terjadi tindakan yang merugikan perusahaan dari pihak kedua atau pun ketiga di kemudian hari.
  4. Memastikan segala sesuatu yang berlangsung dalam penyelenggaraan perusahaan, berjalan sesuai ketentuan hukum yang berlaku, agar tidak timbul masalah hukum yang dapat mengganggu kinerja dan operasional perusahaan.
  5. Mengambil langkah hukum terhadap pihak-pihak yang secara sengaja atau tidak sengaja, melakukan perbuatan, perkataan, atau tindakan yang dapat menimpakan kerugian terhadap produk, merek, atau reputasi perusahaan.
Apa Tugas dan Fungsi Pengacara Perusahaan Hebat dan Hukum Perusahaan

Kantor Hukum
Bukhori Hasibuan & Associates
Punya Tim Spesialis
Pengacara Perusahaan
Terbaik di Indonesia

Tim Pengacara Perusahaan dan Ketenagakerjaan Kantor Hukum Bukhori Hasibuan & Associates

Kantor hukum dan pengacara Bukhori Hasibuan & Associates punya tim handal yang punya spesialisasi dalam hukum perusahaan dan ketenagakerjaan. Mereka punya jam terbang tinggi dalam menangani berbagai masalah di berbagai perusahaan, mulai dari persoalan ketenagakerjaan hingga kepailitan.

Di antara kasus hukum perusahaan dan ketenagakerjaan yang pernah ditangani oleh tim pengacara perusahaan dari kantor hukum Bukhori Hasibuan & Associates adalah, persoalan hukum ketenagakerjaan di PT. SMBE Fuji Electric Indonesia, juga masalah ketenagakerjaan di PT. YCH Indonesia, juga tentang masalah ketenagakerjaan di PT. Kamadjaja Logistics, ketenagakerjaan di PT. Sinar Pangan Abadi Surabaya dan Gorontalo, dan lain-lain.

Kantor Hukum Bukhori Hasibuan & Associates adalah partner terbaik untuk setiap urusan yang terkait dengan hukum di perusahaan Anda.

Konsultasi Hukum Perusahaan, GRATIS!

Malu bertanya sesat di jalan.

Pepatah itu adalah kearifan lokal yang sarat makna. Anda tidak perlu keluarkan dana sepeserpun hanya sekadar untuk konsultasi masalah hukum perusahaan dengan tim pengacara spesialis perusahaan dari kantor hukum Bukhori Hasibuan & Associates.

Cukup klik simbol WhatsApp di pojok kanan bawah halaman ini untuk memulai chat via WhatsApp dengan salah satu tim pengacara perusahaan terbaik di Indonesia.

Anda juga bisa menghubungi tim pengacara spesialis perusahaan kami lewat formulir konsultasi di bawah ini:

Silahkan masukkan nama lengkap Anda
Masukkan nomor telepon yang bisa dihubungi
Silahkan masukkan alamat email
Silahkan pilih jenis hukum yang Anda hadapi
Silahkan tulis pertanyaan atau pesan Anda di sini
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com